Pelatihan Database Kesehatan Indonesia: Optimalkan Data Untuk Penurunan Stunting

43
Peserta dan Trainer Pelatihan Database Kesehatan Indonesia
Peserta dan Trainer Pelatihan Database Kesehatan Indonesia

Database Kesehatan Indonesia (http://data-kesehatan.bappenas.go.id/) merupakan basis data yang menunjukkan indikator pembangunan kesehatan melalui visualisasi data yang sederhana dan mudah digunakan. Database ini dikembangkan oleh Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas bekerja sama dengan UNICEF. Tujuannya untuk memudahkan pembuat kebijakan dan publik dalam memahami situasi kesehatan Indonesia serta tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya, khususnya pada indikator RPJMN, RPJMD, dan SDGs.

Pada tanggal 5-7 Februari 2020 bertempat di Hotel Mason Pine, Bandung Barat, telah dilaksanakan Pelatihan Database Kesehatan Indonesia yang bertujuan untuk membangun kapasitas staf Bappenas dalam menggunakan, mengelola serta memelihara dasbor. Harapannya, agar data yang ditampilkan di dasbor selalu dapat diperbaharui sehingga dapat memberikan informasi teknis dalam proses pengambilan keputusan di pemerintahan. Peserta pelatihan tidak hanya berasal dari Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas, melainkan juga dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan, Direktorat Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga (KPAPO) serta perwakilan dari Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan (Pusdatin) Bappenas.

Peserta Pelatihan Database Kesehatan Indonesia
Peserta Pelatihan Database Kesehatan Indonesia

Pada pelatihan ini, data yang digunakan berfokus pada permasalahan stunting di Indonesia. Stunting merupakan salah satu isu prioritas nasional. Pada tahun 2018, satu dari tiga anak Indonesia menderita stunting (Riskesdas, 2018). Presiden mengamanatkan angka stunting dapat turun menjadi 14% pada tahun 2024. Oleh karena itu, pemantauan dan evaluasi secara berkala penting dilakukan agar kebijakan dan program yang diambil untuk menangani stunting tepat sasaran.

Stunting pada Halaman Database Kesehatan Indonesia
Tampilan Dasbor Stunting pada Halaman Database Kesehatan Indonesia

Selain berkenalan dengan fitur-fitur yang terdapat di dasbor, peserta juga diperkenalkan dengan konsep database serta cara mengelolanya, mulai dari proses membersihkan data hingga memilih tampilan visual pada peta interaktif. Pada hari ketiga, peserta juga diberikan peningkatan kapasitas dalam penggunaan Microsoft Excel untuk keperluan Database. Melalui pemahaman ini, peserta diharapkan dapat menggunakan data di dasbor secara maksimal untuk keperluan pekerjaan sehari-hari.

Akses Database Kesehatan Indonesia di http://data-kesehatan.bappenas.go.id/.